Apa yang dimaksud dengan Bencana?


dictionary

dictionary

Kata “bencana” sangatlah sering kita dengar. Kata ini begitu populer terutama sejak terjadi bencana dahsyat yang menimpa negeri kita pada tahun 2004, yaitu gempa bumi yang kemudian diikuti tsunami yang dahsyat.

Peristiwa pada 26 Desember itu seakan membangunkan kita dari keawaman mengenai bencana. Sejak itu kita merasa selalu disuguhi dengan kedahsyatan bencana di negeri kita.

Pada tahun 2007 keluarlah Undang-Undang No.24 tentang Penanggulangan Bencana. Didalamnya, pada BAB I Pasal 1, disebutkan mengenai definisi dari bencana, yaitu:

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring, disebutkan:

ben·ca·na n 1 sesuatu yg menyebabkan (menimbulkan) kesusahan, kerugian, atau penderitaan; kecelakaan; bahaya: pemimpin yg tidak jujur akan menimbulkan — bagi negara dan bangsa; dl – , dl bahaya; dl kecelakaan; 2 ark gangguan; godaan: mereka mengadakan selamatan untuk menolak — roh jahat;

– alam bencana yg disebabkan oleh alam (spt gempa bumi, angin besar, dan banjir);

Bagaimana dengan penggolongan bencana? Dalam Undang-Undang No.24 tentang Penanggulangan Bencana juga disebutkan mengenai penggolongan ini, yaitu:

  • Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.
  • Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit.
  • Bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh manusia yang meliputi konflik sosial antarkelompok atau antarkomunitas masyarakat, dan teror.

Demikianlah pengertian bencana yang akan digunakan untuk selanjutnya dalam artikel lain pada blog ini.

About these ads

Tanggapan pembaca

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: